LATAR
BELAKANG AUDIT
Audit
teknologi informasi (Inggris: information technology (IT) audit atau
information systems (IS) audit) adalah bentuk pengawasan dan pengendalian
dari infrastruktur teknologi informasi
secara menyeluruh. Audit teknologi informasi ini dapat berjalan bersama-sama
dengan audit finansial dan audit internal, atau dengan kegiatan pengawasan dan
evaluasi lain yang sejenis. Pada mulanya istilah ini dikenal dengan audit
pemrosesan data elektronik, dan sekarang audit teknologi informasi secara umum
merupakan proses pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi
dalam perusahaan itu. Istilah lain
dari audit teknologi
informasi adalah audit
komputer yang banyak
dipakai untuk menentukan apakah aset sistem informasi
perusahaan itu telah bekerja secara efektif, dan integratif dalam mencapai
target organisasinya. Jejak audit atau
log audit adalah
urutan kronologis catatan
audit, yang masing-masing
berisi bukti langsung yang
berkaitan dengan dan yang dihasilkan dari pelaksanaan suatu proses bisnis atau
fungsi sistem.
Real Time Audit adalah hasil dari evolusi dalam permintaan untuk sistem peningkatan persiapan proyek, analisa dan manajemen pada bagian pelaksana dan donor sama. Setelah survei komperhensif pengalaman dalam proyek yang didukung oleh bank-bank pembangunan, lembaga donor dan investor swasta, yang meliputi beberapa tahun pengalaman. Pengembangan Organisasi Intelijen Navatec.com diminta untuk memberikan bantuan teknis dalam desain dan implementasi dan hemat biaya sistem yang nyaman.
DEFINISI REAL TIME AUDIT
Audit adalah sebagai
kegiatan evaluasi terhadap individu, organisasi, sistem, proses, proyek atau
produk.
Definisi Realtime
Sistem pengolahan
on-line/real time, transaksi secara individual dientri melalui peralatan
terminal, divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera
filekomputer. Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan
keterangan atau laporan.
Jadi dapat disimpulkan :
Real
Time Audit atau RTA adalah suatu system untuk mengawasi kegiatan teknis dan
keuangan sehingga dapat memberikan penilaian yang transparan status saat ini
dari semua kegiatan, dimana pun mereka berada. Real Time Audit mendukung semua
langkah dari satu proyek dari konsep, mempersiapkan satu usulan penuh,
melakukan analisa putusan untuk mengidentifikasi jual system final sehingga
ketika untuk memilih proyek terbaik manajemen hak suara kemudian dukungan
pembuatan keputusan pada penerimaan atau merosot untuk membuat investasi perlu.
Dalam pengembangan proyek Real Time Audit berfungsi sebagai analisis karena untuk memastikan bahwa kualitas benar, dan berkualitas. Real Time Audit mempunyai kegunaan pengadaan tersesialisasi yaitu dengan memperbolehkan seorang manajer meniliti tawaran bersaing untuk menyediakan baik jasa maupun komponen proyek.
Real Time Audit meneydiakan teknik ideal untuk memungkinkan mereka yang bertanggung jawab untuk dana, seperti bantuan donor, investor dan sponsor kegiatan untuk dapat terlihat dari manajer kegiatan didanai sehingga untuk memantau kemajuan.
Real Time Audit sangat efektif untuk membangun procedure menjadi perjanjian pembiayaan meliputi proyek atau kegiatan yang bersangkutan. Real Time Audit menyediakan komponen utama yang diperlukan untuk efektif, kegiatan pengelolaan yang efisien dan pengawasan.
Real Time Audit benar-benar transparan dan menyediakan operasi proyek manajer dan donor/sponsor akses langsung informasi apapun yang mereka butuhkan secara online dan cepat. Manfaat Real Time Audit yaitu produktivitas akses informasi ditingkatkan dan sebagai hasilnya jadi jika produktivitas tugas manajemen proyek.
RUANG LINGKUP REAL TIME AUDIT
Real Time Audit (RTA) pertama kali dikenalkan oleh The George Boole Foundation1, pusat pengembangan dan distribusi aplikasi logic canggih, pada tahun 2009 sebagai dasar untuk
mengelola proyek yang didanai oleh sponsor. Tujuan dari penggunaan RTA adalah untuk memberikan kontribusi kepada George Boole Institute atau ke Decision Analysis Initiative 20100-2015, dengan pengawasan yang sepenuhnya
transparan dalam hal alokasi
dan kinerja dana ke dalam
portfolionya. RTA menyediakan
pengambil keputusan dengan
laporan langsung dan laporan
status dari pemanfaatan
sumber daya yang berkelanjutan tanpa melibatkan administrasi dalam permintaan
untuk laporan per periode.
Teknologi
RTA memanfaatkan kekuatan dan kenyamanan dari World Wide Web untuk mengumpulkan informasi terkini tentang keadaan semua informasi yang menarik dan mengirimkan informasi ini secara real time kepada pihak yang berkepentingan terletak di mana saja di dunia. Secara umum, RTA berguna untuk mengelola setiap proses yang menggabungkan orang dan alat-alat dalam produksi barang atau jasa. Aktivitas ini dapat berhubungan dengan operasi yang sedang berlangsung atau sebuah proyek baru yang dirancang untuk menambahkan sesuatu ke proses yang ada. RTA menyediakan sarana yang nyaman untuk merekam keadaan semua variabel dikumpulkan untuk mengelola proses. Selain memberikan informasi bagi para pemangku kepentingan dalam proses RTA menyediakan dukungan yang efektif untuk manajemen proses analisis keputusan terkait dengan pemilihan taktik jangka pendek maupun menengah dengan strategi jangka panjang untuk menjamin efektivitas dari proses yang sedang dikelola.
Keputusan yang tepat waktu.
Teknologi
RTA memanfaatkan kekuatan dan kenyamanan dari World Wide Web untuk mengumpulkan informasi terkini tentang keadaan semua informasi yang menarik dan mengirimkan informasi ini secara real time kepada pihak yang berkepentingan terletak di mana saja di dunia. Secara umum, RTA berguna untuk mengelola setiap proses yang menggabungkan orang dan alat-alat dalam produksi barang atau jasa. Aktivitas ini dapat berhubungan dengan operasi yang sedang berlangsung atau sebuah proyek baru yang dirancang untuk menambahkan sesuatu ke proses yang ada. RTA menyediakan sarana yang nyaman untuk merekam keadaan semua variabel dikumpulkan untuk mengelola proses. Selain memberikan informasi bagi para pemangku kepentingan dalam proses RTA menyediakan dukungan yang efektif untuk manajemen proses analisis keputusan terkait dengan pemilihan taktik jangka pendek maupun menengah dengan strategi jangka panjang untuk menjamin efektivitas dari proses yang sedang dikelola.
Keputusan yang tepat waktu.
Manfaat dasar informasi real time adalah untuk
memastikan keadaan kesadaran yang tinggi dari semua informasi yang relevan
tentang kegiatan sehingga memungkinkan situasi yang tepat waktu dan responsi terhadap perubahan kondisi atau peristiwa yang
mungkin akan menghambat dalam
mencapai tujuan kegiatan. Hal ini menjadi sangat penting ketika keputusan
tergantung pada organisasi di
kesepakatan mengenai tindakan - tindakan yang diperlukan.
Sumber Daya Generik
RTA adalah sumber daya generik dan tidak tergantung "alat / hardware". Karena itu, sepenuhnya beradaptasi
dengan sebagian besar aplikasi pusat yang menyediakan informai
kegiatan proses dan hasil. RTA dapat melibatkan kesatuan data yang relatif kecil atau dapat diatur untuk
menangani seluruh kompleksitas audit perusahaan atau bahkan model ekonometrik dari ekonomi. Data dapat
terdiri dari teknis, keuangan, lingkungan dan sosial ekonomi kuantitatif.
Spesifik
Sistem aplikasi khusus yang diterapkan RTA menyediakan konteks untuk spesifikasi dari kumpulan data diperlukan. Di mana data yang digunakan untuk mendukung keputusan yang relevan dengan proses manajemen juga terstruktur sesuai dengan proses aplikasi dan tujuan dari proses itu. Dalam setiap kasus, sangat penting untuk memastikan bahwa dimensi dan konfigurasi kemampuan manajemen informasi.
Sistem aplikasi khusus yang diterapkan RTA menyediakan konteks untuk spesifikasi dari kumpulan data diperlukan. Di mana data yang digunakan untuk mendukung keputusan yang relevan dengan proses manajemen juga terstruktur sesuai dengan proses aplikasi dan tujuan dari proses itu. Dalam setiap kasus, sangat penting untuk memastikan bahwa dimensi dan konfigurasi kemampuan manajemen informasi.
Perencanaan yang pasti dan fleksibel
Akses ke informasi real time hanya berguna jika
proses alokasi sumber daya yang cukup fleksibel untuk memungkinkan reaksi tepat
waktu saat ini diperlukan. Kerangka perencanaan yang kaku dapat menjadi penyebab kegagalan investasi
dan proyek karena manajemen pembuatan keputusan pengganti oleh prosedur administratif mendukung satu set
alokasi sumber daya yang telah ditentukan. RTA adalah dasar untuk manajemen
proaktif pengambilan keputusan untuk mengelola realokasi sumber daya penting
sehingga mencapai tujuan awal dengan cara yang paling hemat biaya dan tepat
waktu, RTA memanfaatkan Pilihan Taktis Peta 2 (TOMS) untuk mendukung desain dan
operasional pengambilan keputusan.
KELEBIHAN PEMROSESAN SECARA REAL TIME
1.
Pemrosesan real time akan
sangat menyederhanakan siklus kas perusahaan. Sistem real time dengan terminal
komputer yang terhubung dengan komputer pusat akan mengurangi atau malah
menghilangkan hambatan-hambatan seperti keterlambatan beberapa hari antara
pengambilan pesanan dan penagihan ke pelanggan.
2.
Pemrosesan real time memberikan perusahaan keuntungan persaingan pada pasar.
Dengan memelihara informasi persediaan, staf penjualan dapat menentukan dengan
cepat bahwa terdapat persediaan di gudang. Informasi yang mutakhir yang
disediakan melalui proses real time akan
meningkatkan kemampuan perusahaan untuk memaksimalkan kepuasan pelanggan,
yang menyebabkan peningkatan penjualan.
3.
Prosedur manual mempunyai kecenderungan untuk menghasilkan kesalahan kritis,
seperti nomor rekening yang salah, nomor persediaan yang tidak valid, dan salah
dalam melakukan perhitungan harga. Program perbaikan yang dilakukan secara real time memperbolehkan untuk
memperbaiki banyak tipe kesalahan yang mengidentifikasi dan meningkatkan
efektifitas serta efisiensi operasional.
4.
Akhirnya, pemrosesan secara real time akan
mengurangi pemakaian kertas. Kertas dokumen mahal untuk dibuat dan sering
rusak. Dokumen elektronik sangat efisien, efektif, dan sangat berguna bagi
jejak audit.
*** CONTOH REAL TIME AUDIT, PAHAMI DULU ***
Project cycle timeline
Concept Proposal Allocation Development
Operations Substitution
Initial outline Detailed plan Decision
Implementation Management Cycle end
• Kontribusi dari Kantor Pengawas Keuangan Negara, Israel Dinamika modern proses pengambilan keputusan dan konsekuensinya berpotensi jauh, menciptakan kebutuhan audit aktif dan relevan, yaitu Waktu, Real Audit. Jenis audit, mengangkat isu-isu filosofis yang menarik, mengenai ruang lingkup kewenangan BPK, dan hubungannya dengan cabang eksekutif. The Comptroller Negara Israel melakukan audit waktu nyata dan dalam kasus-kasus luar biasa, bahkan campur tangan dalam perjalanan proses pengambilan keputusan. Misalnya, Pengawas Keuangan Negara melakukannya ketika berhadapan dengan proyek jangka panjang maupun proses seperti penyerapan imigrasi massa Soviet Yahudi di Israel selama 1990-1991 atau pengembangan pesawat tempur Lavi.
• Dalam kasus-kasus luar biasa, untuk
mencegah kerugian besar, ketika mereka bisa dihindari, para Pengawas Keuangan
Negara campur tangan secara real time, selama proses pengambilan keputusan itu
sendiri. Hal ini dilakukan bukan dengan mendikte atau bahkan merekomendasikan
yang keputusan harus diambil, tetapi dengan membawa perhatian pembuat
keputusan, dan informasi relevan yang mereka harus mempertimbangkan selama
proses pengambilan keputusan. Para Pengawas Keuangan Negara juga akan campur
tangan ketika jelas bahwa keputusan tertentu disukai oleh pemerintah mungkin
mengakibatkan pelanggaran hukum.
Berikut ini adalah beberapa contoh:
* Sebuah banding kepada Menteri Keuangan
untuk mempertimbangkan kembali proposal tertentu yang diadopsi oleh komite
menteri untuk menjual perusahaan pemerintah, ketika informasi mencapai Pengawas
Keuangan Negara bahwa kesepakatan yang diusulkan undervalued aset perusahaan.
* The Pengawas Keuangan Negara membahas Menteri Keuangan selama musyawarah untuk menyetujui penjualan perusahaan: yaitu setelah pemerintah telah mengadopsi keputusan untuk menyetujui penjualan, dan sebelum penjualan itu akhirnya disetujui oleh Komite Keuangan Knesset (Parlemen Israel).
* Sebuah banding ke kota untuk kembali inisiatif untuk membangun kantor kotamadya dan sebuah sekolah berdasarkan perjanjian kredit tertentu yang sangat merugikan. Pada saat yang sama, banding dibuat untuk Kementerian Dalam Negeri, yang telah menyetujui pengaturan kredit, untuk mempertimbangkan kembali masalah ini juga. Intervensi ini sebenarnya menghasilkan penilaian ulang oleh orang-orang yang bersangkutan dan tabungan sebesar $ 25 juta.
* The Pengawas Keuangan Negara membahas Menteri Keuangan selama musyawarah untuk menyetujui penjualan perusahaan: yaitu setelah pemerintah telah mengadopsi keputusan untuk menyetujui penjualan, dan sebelum penjualan itu akhirnya disetujui oleh Komite Keuangan Knesset (Parlemen Israel).
* Sebuah banding ke kota untuk kembali inisiatif untuk membangun kantor kotamadya dan sebuah sekolah berdasarkan perjanjian kredit tertentu yang sangat merugikan. Pada saat yang sama, banding dibuat untuk Kementerian Dalam Negeri, yang telah menyetujui pengaturan kredit, untuk mempertimbangkan kembali masalah ini juga. Intervensi ini sebenarnya menghasilkan penilaian ulang oleh orang-orang yang bersangkutan dan tabungan sebesar $ 25 juta.
*Intervensi dalam sebuah proyek pembangunan
besar di Yerusalem, sebelum kontrak final ditandatangani dengan pengusaha
swasta, ketika menjadi jelas bahwa otoritas publik akan menandatangani kontrak
terlalu merugikan kepentingan umum.
Diberikan di bawah ini adalah kutipan dari
laporan audit mengenai privatisasi sebuah perusahaan pemerintah, seperti yang
tercantum pada contoh pertama di atas dan sebagaimana diumumkan dalam pengawas
keuangan Negara Laporan Tahunan tahun 1990: "Yerusalem Ekonomi Corporation
didirikan untuk memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi kota dengan
mendorong industri dan perdagangan korporasi ditangani dengan pengembangan
kawasan industri dan perdagangan di kota dan pinggiran kota yang berdekatan..
Struktur yang dibangun telah disewakan kepada pengusaha dan memfasilitasi
pembentukan mereka perusahaan Sepanjang tahun perusahaan terkonsentrasi di
bawah kepemilikan mayoritas saluran lahan untuk industri dan perdagangan dan
proporsi yang lebih kecil dari mereka untuk perusahaan komersial.. Sebagai
hasilnya, perusahaan akumulasi kekuatan besar, dan posisinya sehubungan dengan
negosiasi penyewa dan penyewa potensial yang sangat kuat. Sebagai itu adalah
perusahaan publik yang tujuan utamanya adalah mengembangkan kota, korporasi
tidak menggunakan posisi yang kuat untuk meningkatkan keuntungan.
Pada beberapa saluran yang dimiliki oleh
korporasi, pembangunan sudah selesai, dan umumnya, struktur kebanyakan
diduduki. saluran lain seperti yang berada di daerah Atarot industri dan di
Mishor Adumim, proses pembangunan belum selesai dan sejumlah kecil bangunan
didirikan masih kosong. Dalam jalannya peristiwa, ada risiko komersial yang
lebih besar di daerah-daerah bahwa pembangunan belum selesai dan pengusaha
swasta cenderung lebih ragu-ragu apakah akan berinvestasi dalam jumlah besar
untuk menyelesaikan pembangunan. Dengan kata lain, investor swasta biasanya
memanfaatkan proyeksi pendapatan di daerah yang kurang berkembang dengan
tingkat kapitalisasi yang lebih tinggi dari daerah dimana pengembangan selesai.
Sesuai dengan kebijakan umum pemerintah untuk
mengurangi keterlibatannya dalam kegiatan perekonomian, Pemerintah Otoritas
Perusahaan memutuskan pada pertengahan-1989 untuk menjual saham pemerintah
dalam perusahaan. Karena, dengan manajemen properti tidak ada harapan untuk
menarik pengetahuan khusus dari luar negeri atau membuka saluran pemasaran
baru, tujuan utama dari penjualan perusahaan adalah untuk menghasilkan
pendapatan maksimal bagi keuangan nasional.
Dalam pendapat Pengawas Keuangan Negara, tujuan ini bisa saja dicapai sambil menjamin kepentingan umum dalam mengembangkan kota. Dengan memindahkan kekuatan ekonomi perusahaan kepada pemilik swasta, pengusaha potensial menghadapi entitas tunggal yang mengontrol cadangan lahan utama diperuntukkan bagi industri dan perdagangan. badan ini tidak dibatasi oleh pertimbangan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pengembangan kawasan industri terus terpencil akan tergantung pada pertimbangan profitabilitas umum dari pemilik baru.
Dalam pendapat Pengawas Keuangan Negara, tujuan ini bisa saja dicapai sambil menjamin kepentingan umum dalam mengembangkan kota. Dengan memindahkan kekuatan ekonomi perusahaan kepada pemilik swasta, pengusaha potensial menghadapi entitas tunggal yang mengontrol cadangan lahan utama diperuntukkan bagi industri dan perdagangan. badan ini tidak dibatasi oleh pertimbangan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, pengembangan kawasan industri terus terpencil akan tergantung pada pertimbangan profitabilitas umum dari pemilik baru.
Ini transfer kekuatan ekonomi untuk badan
usaha tidak memberikan kontribusi untuk meningkatkan harga jual bagi
pemerintah. Memiliki aset perusahaan sudah terjual, bahkan di unit-unit yang
besar, itu akan mungkin untuk meningkatkan jumlah pembeli yang akan bersaing
untuk memperoleh sifat dan melalui ini untuk menghilangkan monopoli dan
meningkatkan kemungkinan memerintah dengan harga jual lebih tinggi.
Jual perusahaan secara keseluruhan mengurangi pendapatan pemerintah dari aspek lain. Kantor Pengawas Keuangan Negara memperkirakan nilai properti korporasi yang sepenuhnya dikembangkan. Dari perkiraan ini adalah jelas bahwa adalah mungkin untuk menerima jumlah maksimum tender untuk pembelian seluruh perusahaan, dan untuk mempertahankan kontrol pemerintah terhadap situs-situs yang pengembangannya belum selesai. Hasil ini masuk akal karena, terhadap perkembangan lebih lanjut kota, negara adalah lebih optimis daripada pengembang swasta dan, oleh karena itu, pengembang swasta yang tidak mungkin untuk membayar nilai penuh untuk wilayah dimana pembangunan belum selesai. Saluran di wilayah ini dapat dijual di kemudian hari dan secara signifikan meningkatkan pendapatan pemerintah. Dengan cara ini akan mungkin untuk menghindari kontrol atas sebagian besar cadangan lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan terus kota dengan satu entitas bisnis.
Jual perusahaan secara keseluruhan mengurangi pendapatan pemerintah dari aspek lain. Kantor Pengawas Keuangan Negara memperkirakan nilai properti korporasi yang sepenuhnya dikembangkan. Dari perkiraan ini adalah jelas bahwa adalah mungkin untuk menerima jumlah maksimum tender untuk pembelian seluruh perusahaan, dan untuk mempertahankan kontrol pemerintah terhadap situs-situs yang pengembangannya belum selesai. Hasil ini masuk akal karena, terhadap perkembangan lebih lanjut kota, negara adalah lebih optimis daripada pengembang swasta dan, oleh karena itu, pengembang swasta yang tidak mungkin untuk membayar nilai penuh untuk wilayah dimana pembangunan belum selesai. Saluran di wilayah ini dapat dijual di kemudian hari dan secara signifikan meningkatkan pendapatan pemerintah. Dengan cara ini akan mungkin untuk menghindari kontrol atas sebagian besar cadangan lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan terus kota dengan satu entitas bisnis.
Sumber Referensi :
• http://www.realtimeaudit.eu/
0 comments:
Posting Komentar