Personal Blog and IT Content, Updates & Tutorial Sharing Web Blog.

Benny Setiadi

My Personnal Blog

Jumat, 28 Juni 2013

Profesi di Bidang IT

"Profesi adalah kata serapan dari sebuah kata dalam bahasa Inggris "Profess" yang bermakna: "Janji untuk memenuhi kewajiban melakukan suatu tugas khusus secara tetap/permanen". Profesi adalah pekerjaan yang membutuhkan pelatihan dan penguasaan terhadap suatu pengetahuan khusus. Suatu profesi biasanya memiliki asosiasi profesi, kode etik, serta proses sertifikasi dan lisensi yang khusus untuk bidang profesi tersebut."

Diatas adalah definisi dari profesi, namun yang akan saya bahas pada tulisan ini adalah profesi di bidang Teknologi Informasi. Ruang lingkup teknologi informasi sangat luas dan juga tergolong menjadi banyak jenis. Untuk golongan profesi di bidang teknologi informasi secara garis besar dapat dibagi menjadi tiga kelompok yaitu kelompok profesi teknologi informasi pengembang perangkat lunak atau sistem, kelompok profesi teknologi informasi teknik jaringan, kelompok profesi teknologi informasi perangkat keras, kelompok profesi teknologi informasi pengolah data sistem atau database. berikut adalah penjelasan secara rinci dari kelompok profesi tersebut :

a. Kelompok yang berkecimpung di bidang perangkat lunak.
  • Sistem Analis; orang yang bertugas untuk menganalisa dan merancang suatu sistem.
  • Programmer; orang yang bertugas untuk mengimplementasikan rancangan sistem analisis dengan membuat program-program sesuai dengan bahasa pemrograman yang dikuasai.
  • Web Designer; hampir sama dengan sistem analis. Bedanya ialah web designer merancang dan menganalisa suatu sistem yang berbasis web.
  • Web Programmer; orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer

b. Kelompok yang berkecimpung di bidang jaringan dan perangkat keras.
  • Technical Engineering; sering disebut sebagai teknisi, yaitu orang yang memiliki keahlian di dalam bidang teknik dan sedikit tentang perangkat keras, baik tentang pemeliharaan maupun perbaikan sistem komputer.
  • Networking Engineering; orang yang berkecimpung dakam bidang teknis jaringan komputer, dari pemasangan, pemeliharaan sampai perbaikan masalah-masalahnya.

c. Kelompok yang mengoperasikan pengolahan data / data processing (EDP).
  • EDP Operator; orang yang bertugas megoperasikan program-program yang berhubungan dengan electonic data processing dalam lingkungan sebuah peusahaan atau organisasi lainnya.
  • System Administrator; orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap sistem.
  • MIS Director; orang yang memiliki wewenang paling tinggi terhadap sebuah sistem informasi, melakukan manajemen terhadap sistem tersebut secara keseluruhan baik perangkat keras, perangkat lunak maupun sumber daya manusianya. 
Referensi : 
http://www.jobloker.com/id/component/content/article/4/124-aneka-profesi-di-bidang-it
Share:

0 comments:

disable copas

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Hi, My name is Benny Setiadi. Welcome to my blog, I'm sharing lots of content here related with my interest, Technology updates, Programming, Android and Augmented Reality. Hope my blog could be useful and have benefits for everyone. Please enjoy :).