Personal Blog and IT Content, Updates & Tutorial Sharing Web Blog.

Benny Setiadi

My Personnal Blog

Selasa, 29 Januari 2013

Ulasan Software IT / IS Audit Tools : EZ Audit


1. Pendahuluan

Pada tugas virtual-class Analisis Kinerja Sistem ini, software yang saya bahas untuk materi IT / IS Audit Tools adalah E-Z Audit PC. E-Z Audit PC adalah sebuah perangkat lunak yang menjadi pengemuka perangkat lunak untuk mengaudit PC yang telah memiliki 10 tahun pengalaman di bidang audit PC sehingga mempunyai slogan “PC audit software made easy”.


2. Fitur – Fitur Pada E-Z Audit Software

Berikut adalah fitur-fitur dan juga keunggulan perangkat lunak E-Z Audit PC :

A. Easy to use

Perangkat lunak yang mudah dipahami dan dipelajari cara penggunaannya. Faktanya, hanya sekitar 10 % dari user yang menggunakan fitur Support (Bantuan Aplikasi) yang telah disediakan.

B. Setup takes just minutes

Waktu instalasi hanya memerlukan beberapa menit sehingga mudah untuk diimplementasikan ke banyak komputer.

C. No changes to your network or how you work today

Tidak seperti kebanyakan audit tools, E-Z Audit tidak memerlukan perubahan pada konfigurasi firewall atau Remote Registry dan perubahan konfigurasi lainnya pada saat proses audit.

D. Multiple ways to audit your PCs

E-Z Audit dapat melakukan proses audit tampa perlu meng-install pada klien PC dan juga tidak perlu adanya service tambahan untuk menjalankan fitur ini. Juga penjadwalan proses audit sesuai dengan waktu-waktu tertentu secara otomatis.

E. No work on your server, no network slowdowns

E-Z Audit dapat juga dijalankan pada PC berbasis Server yang melayani jaringan namun tidak memakan bandwidth atau sumber daya yang signifikan sehingga PC Server tetap dapat berjalan dengan baik walaupun sedang menjalankan proses audit.

F. E-Z Audit is fast

Waktu yang digunakan untuk proses audit pada PC berjalan dengan cepat, dibandingkan dengan program audit PC, E-Z Audit masih yang terbaik untuk kecepatan audit PC.

G. Security matters

Tidak seperti program Audit PC lainnya, E-Z Audit tidak pernah meminta data penggunanya dan juga E-Z Audit tidak mengubah konfigurasi Firewall, program Anti-Virus, jaringan selama melakukan proses audit PC.


3. Instalasi dan Cara Penggunaan Perangkat Lunak

Pada bagian ini akan dijelasan instalasi program serta cara – cara penggunaannya pada Klien PC :

A. Instalasi E-Z Audit PC

Untuk mendapatkan software E-Z Audit PC, dapat di-unduh lewat website resmi developernya yaitu di alamat http://www.ezaudit.net. Versi terbaru yang tersedia saat ini adalah E-Z Audit PC 15. Berikut adalah tahap instalasi program E-Z Audit PC 15 :

1. File instalasi program yang telah selesai di-unduh cukup meng-klik ganda pada file instaler dan akan muncul window menu instalasi program seperti gambar 1.



Gambar 1 : Window Instalasi Program E-Z Audit PC

2. Cukup klik button Next > , kemudian finish dan instalasi akan dimulai, setelah selesai menu E-Z Audit 15 akan muncul di start Windows.


Gambar 2 : Start Menu E-Z Audit 15 pada Start Windows

B. Cara Penggunaan E-Z Audit 15

1. Program E-Z Audit PC dapat dibuka melalui start Windows seperti pada gambar 2, dan akan memunculkan menu utama seperti pada gambar 3 dibawah ini :




Gambar 3 : Menu Utama Program E-Z Audit 15

Pada menu utama terdapat Tab Menu yang digunakan untuk membuka file hasil audit, menutup audit yang berjalan, konfigurasi proses audit dan juga bantuan aplikasi E-Z Audit 15. Proses audit dimulai dengan meng-klik “Just click here”, seperti pada gambar 3 pada lingkar merah.

2. Setelah itu akan muncul window baru seperti gambar 4 dibawah ini :


Gambar 4 : Window Proses Audit

Window pada gambar 4 menunjukan proses audit yang dilakukan oleh E-Z Audit 15, dimana dilakukan audit terhadap :

a. Perangkat Keras PC dan sistem yang digunakan

b. Printer yang terkoneksi baik lokal, jaringan ataupun virtual seperti OneNotes Printer

c. Storage yang terhubung dan terpasang pada PC yang diaudit, baik Hardisk, flashdisk, HDD External, dan lainnya.

d. Jaringan yang terkoneksi pada PC.

e. Informasi Layar (LCD/LED) dan juga Audio Card system pada PC.

f. Aplikasi Program yang terinstal pada PC

g. Service sistem operasi, Event Log dan juga info keamanan PC.



3. Setelah itu, proses akan dilanjutkan ke audit file seperti gambar 5 dibawah ini :


Gambar 5 : Window Proses Audit File

Proses audit file ini sendiri dapat dilakukan secara custom atau sendiri oleh user dimana user dapat menentukan spesifikasi file yang akan di audit pada PC, pada kasus ini saya mengaudit file EXE pada PC.



4. Apabila proses audit telah sepenuhnya selesai, maka program akan meminta user untuk menyimpan file hasil audit dan untuk menampilkan hasil audit dapat dilihat pada tab menu “PC Details” dan “Summary Report”.



5. Untuk “PC Details”, merupakan laporan hasil audit dari komputer yang terinstal Klien E-Z Audit 15. Laporan hasil audit berupa, Basic Information, Notes, Hardware and Operating System, Security Software, Drives and Shares, Printers, Network, Installed Software, Troubleshooter Data, Services. Hasil laporan dapat dilihat seperti gambar 6 dibawah ini :



Gambar 6 : Hasil Audit pada tab menu PC Details



6. Untuk “Summary Report”, merupakan laporan hasil audit dari seluruh komputer – komputer Klien E-Z Audit 15 dimana hasil dilaporkan dalam persentasi dan angka. Laporan hasil audit pada “Summary Report” berupa, Executive Summary, OS Summary, RAM Summary, Processor Summary, Disk Space Summary, Security Summary, Hardware Summary. Hasil laporan dapat dilihat seperti gambar 7 dibawah ini :

Gambar 7 : Hasil Laporan Audit pada tab menu Summary Reports



4. Kesimpulan

Setelah mencoba program Audit Tools E-Z Audit 15, saya menyimpulkan beberapa keungulan :

1. Program sangat ringan, hanya memakai kurang dari 5 MB di Hardisk dan juga prosesnya hanya memakai 12 MB di RAM.

2. Proses audit yang dilakukan cepat dan akurat. Untuk mengaudit di satu komputer atau PC hanya dalam waktu 3,5 menit dimana untuk proses audit file hanya didefinisikan satu jenis file.

3. Hasil laporan mudah dipahami dan menarik dilihat.

4. Hasil laporan dapat langsung dicetak / print dan juga dapat disimpan apabila ingin digunakan di lain waktu.

5. Dapat melakukan multi-audit sehingga tidak repot menginstall klien, cukup dengan menghubungkan client dengan jaringan ke komputer yang menjalankan E-Z Audit PC.

6. Keamanan sangat terjaga saat proses audit, dikarenakan program tidak mengubah konfigurasi dari keamanan seperti Firewall, Antivirus dan Service lainnya.



Menurut saya program audit ini sangat berguna untuk audit dalam skala besar maupun kecil juga sangat handal serta transparan dalam proses audit yang dilakukan. Sebagai contoh sebuah perusahaan yang melakukan pengadaan PC dalam jumlah banyak, sehingga akan butuh waktu lama untuk mengecek secara fisik dimana harus membongkar atau membuka PC yang banyak tersebut untuk mengecek spesifikasi dari PC, belum lagi harus mengecek sistem operasi dan juga aplikasi yang ada di dalam sistem. Namun apabila menggunakan E-Z Audit ini, cukup dengan menginstall ke satu komputer dimana yang lainnya terhubung lewat jaringan ke komputer tersebut, maka proses audit dapat dilakukan secara langsung dan juga keseluruhan secara software maupun hardware. Maka dengan cara tersebut dapat dilakukan penghematan waktu serta sumber daya.

Untuk tranparan atau tidaknya laporan, menurut saya hasil audit sudah dapat dinyatakan transparan, dikarenakan proses audit dilakukan melalui On-Line oleh E-Z Audit sehingga tidak ada manipulasi data seperti pada System Properties bawaan Sistem Operasi. Hasil audit berupa laporan yang mudah diteliti sehingga sangat mudah apabila terjadi kejanggalan karena disajikan dalam bentuk persentase, contohnya apabila hasil akhir audit pada “Summary Report” melaporkan terdapat 80% sistem operasi telah memiliki sertifikasi OEM sedangkan 20% tidak memiliki sertifikasi OEM, dan pada hardware contohnya, “Summary Report” melaporkan bahwa 75% PC menggunakan prosesor core i5 sedangkan 25% menggunakan pentium 4 padahal seluruh komputer / PC dianggarkan untuk menggunakan prosesor core i7 dan sistem operasi yang memiliki sertifikasi OEM, akan sangat terlihat sekali apabila terjadi sabotase dalam kasus pengadaan komputer tersebut.









Daftar Pustaka :

[URL] http://www.ezaudit.net/about/default.htm , tanggal akses : 18 Januari 2013
Share:

0 comments:

disable copas

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Pages

Mengenai Saya

Foto saya
Hi, My name is Benny Setiadi. Welcome to my blog, I'm sharing lots of content here related with my interest, Technology updates, Programming, Android and Augmented Reality. Hope my blog could be useful and have benefits for everyone. Please enjoy :).